Sabtu, 28 November 2009



Setiap kita manusia pasti pernah mengalami masalah. Saya, sahabat-sahabat blogger, para pembaca setia artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup, semuanya... sekali lagi, kita semua pasti pernah mengalami yang namanya masalah. Ya masalah, sesuatu yang mungkin ingin sekali kita hindari. Bahkan seandainya kita diberi kekuatan atau kuasa untuk menghilangkan masalah-masalah dalam perjalanan hidup kita ini, pasti masalah-masalah tersebut sudah sejak lama kita hilangkan.

Pertama.
Masalah hadir sebagai 'pembawa pesan' yang memberitahukan bahwa kita telah melakukan kesalahan atau kekeliruan.
Orang-orang yang efektif selalu berusaha untuk menghindari masalah, namun ketika masalah memang sudah benar-benar ada dihadapan mereka, pertanyaan-pertanyaan bijak akan mereka tanyakan kepada diri mereka sendiri, "Apakah saya sudah melakukan kesalahan?", "Apa yang salah dengan tindakan saya sebelumnya?", "Apa yang harus saya lakukan untuk segera memperbaiki kesalahan saya tersebut?"
Sementara di sisi yang lain, ada sebagian orang yang mengabaikan pesan itu.

Kedua.
Bersamaan dengan pesan yang disampaikan (poin 1 diatas), masalah juga sebenarnya hadir sebagai pengingat, bahwa kalau kesalahan tersebut tidak segera kita perbaiki, pasti kita akan terpuruk lebih jauh lagi ke dalam masalah yang lebih besar, yang pastinya akan semakin memperlambat laju gerak kita dalam meraih kesuksesan hidup yang kita impikan.

Orang-orang yang efektif tentu sudah sangat paham dengan hal ini, namun tidaklah demikian dengan sebagian orang yang mengabaikan pesan yang telah disampaikan. Mereka mengabaikan pesan tersebut, yang mengakibatkan mereka semakin terpuruk lebih jauh. Dan ketika mereka sudah benar-benar berada dalam masalah yang lebih besar, mereka menjadi sangat khawatir dan sering mengeluh "Mengapa masalah ini menjadi semakin besar?", "Mengapa masalah tiada hentinya menghampiri saya?", "Betapa malangnya nasib saya ini" dan masih banyak lagi keluhan-keluhan lainnya.

Ketiga.
Masalah,  adalah sebagai Agent of Change.
Agent of Change? ya, masalah adalah Agent of Change, karena ada kemungkinan hanya dengan masalah seseorang bisa berubah.
Memang seringkali kita menjadi lebih bijaksana ketika masalah itu datang dan menyebabkan keadaan semakin memburuk, ini dikarenakan, kita mendapat pelajaran-pelajaran yang sangat berharga dari keadaan yang semakin memburuk tersebut. Ketika masalah itu hadir, memang akan terasa sangat menyakitkan, namun justru dari masalah itulah, kita seringkali memperoleh banyak pelajaran berharga.

Keempat.
Ketika kita sedang dalam perjalanan untuk mencapai target-target keberhasilan kita, besar kecilnya masalah yang datang akan berbeda tergantung dari besar kecilnya target keberhasilan kita tersebut.

Nah, sahabat-sahabat blogger dan pembaca setia artikel-artikel Blog Kesuksesan Hidup, perhatikanlah keputusan-keputusan yang sahabat ambil, ketika sahabat berhadapan dengan masalah.
Mudah-mudahan kita memiliki harapan baik bahwa kita semua adalah termasuk kelompok orang-orang yang efektif dalam menghadapi setiap masalah yang datang menghampiri.
Berikut ini Kata-Kata Bijak, yang mungkin bisa dijadikan sebagai Renungan dan sekaligus sebagai Motivator bagi kita semua.

Layang-layang terbang tinggi dengan menentang angin bukan mengikutinya.
- Winston Churchill -

Jika aku dapat meminta agar hidupku sempurna, itu merupakan godaan menggiurkan -- namun aku akan terpaksa menolak, karena dengan begitu, aku tidak dapat lagi menarik pelajaran dari kehidupan.
- Allyson Jones -

Demikian artikel saya kali ini, semoga memberikan manfaat yang positif bagi kita. Terima Kasih.













0 Comments:

Post a Comment



Share This

Share |