Rabu, 20 Januari 2010

Customer Service MindSet



Peran customer service begitu penting dalam sebuah bisnis. Dan, hanya sikap baik para customer service- lah yang akan menentukan pilihan positif dan sikap loyal customer kepada perusahaan.


Reputasi dan kredibilitas sebuah bisnis tidak hanya tergantung kepada kehebatan kinerja keuangan saja, tetapi juga sangat tergantung kepada kehebatan customer service dalam memberikan pelayanan yang sempurna.


Saat customer service tidak menghormati dan tidak menghargai customer, sesungguhnya pelayanan prima yang berkualitas itu sudah mati dan hanya tinggal slogan dan kenangan.


Customer service sebagai prajurit garis depan sangat menentukan citra baik dari sebuah perusahaan. Jika, customer service-nya bersikap tidak sopan dan arogan, maka para customer akan berpikir bahwa perusahaannya tidak profesional dan tidak berkualitas. Artinya, citra baik perusahaan akan tercoreng dan ternoda oleh sikap tidak profesional dan sikap tidak baik dari para customer service.


Perusahaan-perusahaan yang menganggap enteng peran customer service dalam melakukan pelayanan bisnis berkualitas tinggi, adalah perusahaan -perusahaan yang akan mengalami kesulitan pada waktunya. Jadi, memberi perhatian besar kepada peran dan profesionalisme customer service haruslah menjadi prioritas pertama dalam memberikan pelayanan bisnis berkualitas tinggi.


Customer service harus cerdas memelihara hubungan baik dengan semua pelanggan. Customer service harus menjadi pribadi-pribadi yang berkualitas tinggi bersama sikap baik untuk membuat layanan pelanggan yang luar biasa. Customer service harus cerdas menangani semua tantangan pelayanan dan mampu membangkitkan potensi sikap baik diri sendiri secara absolut dan total.


Perusahaan bertanggung jawab penuh untuk membangun mindset pelayanan sempurna di pikiran setiap customer service-nya. Mindset yang diprogram untuk pelayanan sempurna akan memberikan kinerja yang hebat untuk perusahaan. Mindset pelayanan sempurna akan menjadi rahasia untuk menangani setiap situasi layanan pelanggan dengan kebijaksanaan, diplomasi dan mental sikap baik.


Perusahaan harus mengembangkan profesionalisme para customer service-nya dengan cara mengembangkan inner self-motivasi para customer service, dan memberikan pencerahan kepada customer service untuk menangani masalah-masalah pelayanan yang sulit dengan pelanggan secara tepat waktu, serta bekerja proaktif untuk memberikan pelayanan sempurna yang melebihi harapan customer kepada perusahaan.


Perusahan harus menyiapkan sistem dan strategi sebagai cetak biru untuk mewujudkan sukses customer service dalam memberikan pelayanan unggul di tempat kerja. Perusahaan tidak boleh sekedar melempar semua tanggung jawab pelayanan hanya ke pundak para customer service, tetapi perusahaan harus merangkul setiap orang di kantor dengan mind set pelayanan sempurna.


Perusahaan harus meningkatkan keyakinan dan kepercayaan diri para customer service untuk memberikan pelayanan berkualitas yang efektif dan produktif, agar perusahaan mampu mempertahankan keberhasilan bisnisnya di sepanjang zaman.


Perusahaan harus memberikan petunjuk yang jelas dan sederhana kepada customer service dalam bentuk strategi pelayanan sempurna yang kreatif dan konsisten.


Para customer service harus selalu di ajarkan cara-cara baru untuk menjawab tren baru customer, serta selalu proaktif bersikap baik dan bersikap rajin untuk membawa rasa senang dan rasa bahagia ke dalam pelayanan pelanggan yang berkualitas.







0 Comments:

Post a Comment



Share This

Share |